Mengolah Jengkol, Jengkol Sambel Lalah

Suatu pagi, di keranjang tukang sayur yang biasa lewat di depan rumah tampak bungkusan buah keping berwarna coklat kemerahan. Jengkol atau Dog Fruit bahasa orang negeri sana. Karena belum pernah makan jengkol, tapi orang-orang banyak yang bilang enak, maka beli sajalah sebungkus buat coba-coba.

Akhirnya buka GPS...lho...iya... Ganggu Penduduk Setempat, tanya ini dan itu tentang jengki jengkol ini. Dan diputuskan masak dengan bumbu racikan sendiri untuk memastikan cita rasa lebih diterima oleh lidah sendiri.

Jengkol Lalah
Jengkol Lalah ala Misteryandi
Hal penting dalam menangani jengkol adalah memastikan jengkol empuk dan tidak terlalu pesing saat dikonsumsi. Saya akan berbagi dengan Anda berdasarkan pengalaman sendiri dan ilmu GPS tadi.

Penanganan jengkol

  • Beli jengkol yang ukurannya bagus, kulitnya mulus. Kemudian cuci bersih jengkol yang masih berkulit coklat kemerahan itu.
  • Rendam semalam, dan pada pagi hari cuci bersih lalu kupas kulit luarnya. Ada yang mudah dilepas dan mungkin ada yang perlu bantuan pisau dengan jalan dikerik perlahan. Buang bagian benihnya.
  • Siapkan panci, didihkan air secukupnya, dan isi dengan daun jeruk purut 2-5 lembar besar sesuaikan saja dengan jumlah jengkolnya. Rebus jengkol kupas. 
  • Penting: Rebus dengan api sedang saja, dan tiap 15 menit buang air rebusan dan ganti dengan yang baru. Lakukan 2-3x penggantian. Estimasi waktunya kurang lebih merebus selama 1 jam di api sedang.
  • Angkat jengkol, tiriskan.
  • Lalu belah keping jengkol dan pipihkan dengan bantuan batu cobek. Ini membuat jengkol lebih empuk dan menyerap bumbu saat diolah nanti.
Dengan cara di atas, jengkol menjadi berkurang bau pesingnya dan menjadi lebih empuk.

Mengolah jengkol
Jengkol direbus daun jeruk purut
Lanjut dengan mengolah jengkol menjadi masakan yang nikmat:

Bahan :

1/4 kg jengkol
10 siung bawang merah, bersihkan
5 siung bawang putih, bersihkan
8-10 buah lombok besar, bersihkan
5 buah cabe rawit atau lebih banyak kalau mau lebih pedas; bersihkan

1 blok gula merah
1 sdt terasi bakar
1 bungkus teri, goreng kering
1 batang serai, geprek
2-3 iris lengkuas geprek
8 butir kemiri
1-2 gelas air putih
merica bubuk
daun salam
garam
penyedap rasa
maggi blok ayam
minyak goreng secukupnya untuk menumis

Cara memasak:

  1. Olah jengkol seperti petunjuk di pengolahan jengkol di atas, pipihkan dan sisihkan.
  2. Buat kaldu dari maggi blok rasa ayam/sapi (sesuai selera) dengan 2 gelas air (500ml), sisihkan.
  3. Uleg bawang merah, lombok besar,rawit, kemiri, dan terasi bakar (uleg agak kasar, jangan terlalu halus). Gunakan terasi yang berkualitas baik supaya wangi terasinya. Berpengaruh ke aroma masakan lho.
  4. Goreng teri, sisihkan
  5. Tumis bumbu, tambahkan merica bubuk, garam secukupnya, daun salam, jahe dan lengkuas geprek. Tumis sampai harum.
  6. Masukkan kaldu sampai mendidih, lalu masukkan jengki jengkol dan tutup untuk mengoptimalkan panas. Sesaat kemudian masukkan gerusan gula merah. Aduk sesekali agar bumbu tercampur merata. 
  7. Kalau air sudah mulai sat/berkurang masukkan penyedap rasa, cicipi untuk uji rasa. Tambahkan garam jika perlu. Ketika bumbu makin mulai terasa pekat dan rasa sudah pas, matikan kompor dan  masukkan teri goreng, aduk rata.
  8. Sajikan.
Tips:
  1. Anda bisa juga menambahkan rajangan cabe rawit yang digoreng terpisah untuk menambah warna pada masakan, sekaligus meningkatkan rasa pedasnya. 
  2. Anda boleh juga menggunakan santan pada bumbunya. 
  3. Teri boleh diganti irisan daging sapi.

Jengki lovers, hasil jadinya seperti ini...cantik dan lezat. Selamat mencoba

Jengkol Lalah
Jengkol Lalah ala misteryandi


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengolah Jengkol, Jengkol Sambel Lalah"