Sate Lilit, Kuliner Sate Khas Bali

Di nusantara sate atau satay orang luar negeri menyebutnya sangat beragam variasinya. Beragam nama disematkan baik karena bahannya, bentuk, maupun rasanya.  Di Surabaya ada sate klopo, sate kerang, sate buntel di Solo,  sate lalat di Pamekasan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sate sendiri merupakan menu favorit hampir tiap keluarga di nusantara ini. Di  tiap kota yang disinggahi dengan mudah dapat kita temui pedagang sate.

Sate Lilit | copyright: Kayana Foods


Di Bali salah satu kuliner sate yang sangat layak dan wajib dicoba adalah sate lilit. Jenis sate ini berupa daging cincang yang dicampur bumbu rempah khas Bali sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang sangat wangi dan rasanya sudah tentu lezat.

Bahan sate lilit sendiri beragam bisa berupa daging ayam, ikan laut, atau daging babi tergantung kepada selera. Sate lilit relatif mudah ditemui di warung-warung makan di Bali, biasanya sebagai salah satu lauk pada nasi campur ala Bali.

Jika Anda berkunjung ke Bali, maka mencoba menu yang satu ini wajib. Anda bisa mencicipi sate lilit ikan laut (sate languan) yang merupakan menu nasi dengan lauk serba ikan laut, atau sate lilit ayam yang terbuat dari bahan daging ayam.

Dengan harga bervariasi mulai 2000-3500 rupiah per tusuk, Anda sudah mendapatkan sajian khas yang pasti tidak mudah Anda lupakan. Belum pernah mencicipi sate lilit, sepertinya liburan Anda di Bali belum sempurna. (misteryandi)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sate Lilit, Kuliner Sate Khas Bali"