Sambel Kalap, Jangan Dicoba!

Hari ini dari pagi sudah sibuk mengolah bandeng jadi otak-otak bandeng. Hasilnya lumayan enak, cuma tidak terasa pedas, karena dikonsumsi si kecil juga. Papa dan Mamanya mengalah deh. Siang hari bikin rujak mangga muda buat si Mama dan hasilnya excited. Gimana gak excited, mangganya gratis semua dari para tetangga .. (sstttt.. tahu aja ni para tetangga kalau kita mupeng mangga, gara-gara sekomplek pohon mangganya pada berbuah, cuma pohon kita nih yang gak berbuah hahahaha...).

Sore, mulai deh kepingin makan sambel yang pedas, beda dari biasanya. Biasanya kita seringnya makan sambel bajak, sambel terasi, sambel matah, dan sambel kecap hehehe. Okelah, puter otak bikin kreasi sambel sambil mengingat sambel apa yang enak dan pernah dicicipi. Itu wajib hukumnya, "harus pernah dicicipi". Kenapa, karena kita bisa tahu citarasa akhirnya apakah lebih enak, setara, atau sebaliknya kurang enak.

Akhirnya jatuh ke sebuah sambel ayam goreng, cuma terus terang tidak tahu namanya. Sambelnya sebagai pelengkap ayam goreng. Sayang restonya sudah gak ada lagi tuh. Ok, Anggap saja sambel cobek lah ya. Tapi kan maunya sesuatu yang beda, jadi kita modifikasi sedikiiiit saja.

Modifikasinya adalah super pedas dari dua macam jenis cabe, lalu ada variasi rasa asam yang segar sebagai balancer. Namanya juga sudah disiapkan, SAMBEL KALAP!

Sambel Kalap | Bahan
Bahan Sambel Kalap | misteryandi
Bahan:

1 genggam Cabe Setan, bersihkan tangkainya
1 genggam Cabe Rawit Ijo, bersihkan tangkainya
5 siung bawang merah kupas bersih
1 siung bawang putih kupas bersih
1 ruas kencur segar, kupas bersih
1 buah tomat mentah ukuran sedang
1 buah tomat merah mengkal ukuran sedang
5 sendok makan minyak goreng
garam secukupnya
penyedap rasa (opsional)

Cara membuat:

  1. Semua bahan dicuci bersih dan tiriskan. Siapkan mangkok yang agak besar untuk langkah berikutnya.
  2. Cabe rawit ijo, cabe setan, bawang merah, bawang putih, dan kencur diiris agak tebal dan dicincang kasar. (Kalau ada chopper, gunakan chopper biar praktis).
  3. Tomat hijau belah dua dan iris tipis memanjang.
  4. Tomat merah mengkal iris dua dan buang bijinya (biar tidak terlalu berair hasilnya) lalu iris memanjang.
  5. Letakkan semua irisan bahan di atas dalam mangkok.
  6. Taburi garam dan penyedap rasa secukupnya (penyedap rasa boleh diganti gula pasir 1/2 sdt).
  7. Lalu panaskan minyak goreng sampai panas. Kemudian angkat dan siramkan ke dalam bahan tadi. Suaranya akan berdesis...nyeeeeeessss...mantap. Minyak panas akan mengurangi bau bahan mentah alias langu. Lalu aduk semua bahan cincang tadi. Cicipi dan tambahkan garam jika kurang.
  8. Selesai, sajikan.

Sambel Kalap | Bahan
Bahan Sambel Kalap yang sudah dicincang kasar | misteryandi


Sambel Kalap | misteryandi
Sambel Kalap ala misteryandi
Sambel Kalap ini sebaiknya agak sedikit asin, supaya semakin menambah cita rasa dan kenikmatannya. Rasa yang segar, super pedas, asam, asin berpadu sempurna. Overall dengan sambel pembanding lebih nendang. Setangkup nasi hangat beralaskan daun pisang, ayam goreng garing dan tahu-tempe goreng adalah mitra kenikmatan sempurna sambel ini. Dijamin yang makan akan KALAP, sudah tahu super pedas tapi akan nambah terus. Jangan lupa bakulnya disembunyikan sebelum nasinya dihabiskan orang kalap lho...hahahaha

Silahkan dicoba, jangan lupa tinggalkan jejak komentar di bawah. Matur nuwun.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sambel Kalap, Jangan Dicoba!"